SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 16 September 2017

Kesadaran Masyarakat Untuk Berpartisipasi Dalam Pembangunan Membawa Kemajuan Desa Secara Signifikan




Ket. Photo: Inisiatif warga masyarakat Desa Karangrejo, Kecamatan Kendal membuat lampu penerangan jalan

NGAWI, SURYA INDONESIA

Kemajuan dan kesuksesan pembangunan di desa tak lepas dari kesadaran seluruh masyarakat untuk ikut serta didalamnya, meski yang dilakukan sesuatu hal yang kecil, tapi memiliki dampak besar dalam perubahan lingkungan desanya menjadi semakin baik, nyaman, aman dan tentram.

Saat Tim Surya Indonesia menelusuri situasi dan kondisi lingkungan sekitar Desa Karangrejo, Kecamatan Kendal melihat banyak sekali tiang lampu penerangan berjajar di kanan-kiri sepanjang jalan Dusun Campurrejo, Desa Karangrejo. Sehingga terlihat indah dan tertata rapi jalan tersebut. Meski termasuk jalan pelosok desa di lereng gunung yang berbatasan sebelah Selatan dengan Kabupaten Magetan, suasana dan keadaannya tidak kalah bila dibandingkan dengan kota kecamatan.

Salah seorang warga Dusun Campurrejo, Desa Karangrejo, Hari menuturkan bahwa tiang lampu untuk penerangan jalan ini merupakan ide dan inisiatif dari warga masyarakat. Melalui musyawarah warga di tiap-tiap RT yang setuju dan sepakat untuk memberikan penerangan di jalan depan rumahnya akan memberikan pulsa listriknya dengan sukarela untuk penerangan jalan dan membeli tiang lampu, semua ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketentraman di lingkungan masing-masing dusun.

Kepala Desa Karangrejo, Kecamatan Kendal, Sojo membenarkan hal tersebut diatas, saat dikonfirmasi oleh Tim Surya Indonesia di kediamannya. Sojo, Kepala Desa Karangrejo menjelaskan awal mula adanya penerangan jalan di Dusun-Dusun. “Sebenarnya inisiatif dan ide mengadakan penerangan jalan ini berawal dari Dusun Bedok RT 03 RW 03 Desa Karangrejo. Dan kegiatan itu dilihat membawa dampak yang baik bagi lingkungan, sehingga Dusun-Dusun yang lain tertarik untuk mengikuti langkah Dusun Bedok tersebut. Masih dari Dusun Bedok juga lahir sebuah paguyuban yang bernama “Poncoroso” yang dimana paguyuban itu berperan aktif dalam membangun desanya dengan membuat posko/ siskamling secara swadaya, membangun gapura makam dan pengadaan air bersih di pemakaman dusun dan untuk kegiatan sosial adalah membantu warga yang salah satu keluarganya meninggal dunia,”paparnya, (1/9)..

Harapan kedepan, “Saya berharap di 5 Dusun yang ada di Desa Karangrejo ini, bisa mengikuti contoh yang baik dari Dusun Bedok dan untuk penerangan lampu jalan dusun-dusun sudah terealisasi sekitar 80%. Saya yakin dalam waktu dekat ini sudah bisa 100%. Dengan adanya kesadaran dan inisiatif warga masyarakat untuk ikut serta aktif dalam pembangunan desa, saya tentunya akan lebih termotivasi, bersemangat dan berjuang serta bekerja sekuat tenaga untuk mencari terobosan melalui program-program pembangunan lainnya, sehingga kemajuan pembangunan di Desa Karangrejo semakin signifikan,” pungkasnya.a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar