SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 23 September 2017

MIN Begal Giat Membangun Karakter Disiplin Pada Muridnya Berbuah Prestasi Gemilang


Ket. Photo: Ilustrasi Kegiatan di Min Begal Kecamatan Kedunggalar Ngawi

Ngawi, SURYA INDONESIA

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan sikap, dan kepribadian dasar siswa untuk menjadi warga negara yang baik, yang mampu membangun bangsa dan negara.
Peranan guru disekolah adalah sebagai pegawai dalam hubungan kedinasan, sebagai bawahan terhadap atasannya, sebagai pendidik dalam hubungannya dengan anak didik, sebagai pengatur disiplin, dan sebagai pengganti orang tua.

Pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan disiplin yang dijalankan dalam hubungannya dengan siswa ada yang bersikap keras atau guru berkuasa sepenuhnya terhadap tingkah laku siswa, siswa berbuat sesuai dengan perintah guru. Guru yang bersikap ramah tamah lembut penuh kasih sayang dan perhatian yang baik kepada siswa, dapat memberikan pengaruh yang positif, dapat juga mempengaruhi perilaku dan kepribadian siswa, terutama pada masa perkembangan usia sekolah.

Disiplin adalah tata tertib, dimana anak-anak yang ada disekolah harus tunduk atau patuh pada peraturan-peraturan yang ada dengan senang hati, dan penuh rasa tanggung jawab, disiplin merupakan kebutuhan yang sangat penting, tidak cukup hanya membuat aturan, tata tertib dan hukum saja, melainkan harus dilaksanakan, masalah ini harus dititik beratkan pada upaya untuk memotivasi anak agar mau dan mampu melakukan disiplin.

MIN Begal, Kecamatan Kedunggalar terus berupaya membangun karakter Disiplin pada muridnya, salah satunya dengan pendidikan dan latihan baris berbaris.  Dari tauladan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Begal, Wahib Burhani, S. Ag., yang memiliki disiplin kerja tinggi tersebut, akhirnya semua guru dan murid mau tak mau juga tumbuh karakter kedisiplinannya.

Menurut, Kepala MIN Begal, Wahib Burhani, S. Ag., “Dengan memberikan contoh kepada guru dan seluruh murid ini, tentunya akan membawa dampak yang baik bagi sekolah, khususnya para muridnya. Di tahun 2015, berhasil meraih prestasi yang gemilang menjadi Juara I Lomba Bercerita Tingkat Kabupaten Ngawi, kemudian masih di tahun 2015 meningkat lagi menjadi Juara I Lomba Bercerita Tingkat Propinsi Jatim dan lebih membanggakan lagi bisa meraih Juara Favorit Lomba Bercerita Tingkat Nasional,”tuturnya.

“Sejak dini, kita di sini selalu menanamkan kepada siswa akan arti pentingnya lingkungan hidup bagi kenyamanan proses belajar mengajar dan juga melatih karakter kedisiplinan siswa dengan pendidikan dan latihan baris berbaris yang pada akhirnya dapat membuahkan hasil dengan mengukir prestasi yang luar biasa,” lanjutnya. 

Harapan ke depan, “Semoga sekolah MIN Begal semakin dikenal oleh masyarakat luas, yang dikenal karena memiliki ciri khas khusus, selain bidang keagamaan tetapi juga kedisiplinannya. Sehingga menarik minat masyarakat sekitar untuk menyekolahkan anaknya di sini. Selain itu, di tahun-tahun mendatang para anak didik boleh semakin berprestasi lagi yang dapat mengharum nama sekolah, khususnya dan Kabupaten Ngawi pada umumnya,”pungkasnya.

Untuk diketahui, bahwa yang belajar MIN Begal ada 315 anak, hal tersebut merupakan sekolah favorit di Desa Begal. Meski terletak di wilayah desa, tidak melunturkan semangat untuk maju dalam prestasi akademik dan non akademiknya, baik guru dan anak didiknya. Terbukti dapat meraih prestasi yang membanggakan dan luar biasa dalam skala nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar