SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 23 September 2017

Bupati Ngawi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 Dan Resmikan VCT Di Puskesmas Jogorogo



Ket. Photo: Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono bersama Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar H., ST., MH., Setda Kabupaten Ngawi, Siswanto, Ketua DPRD Ngawi, Dwi Rianto Djatmiko dan Kepala Puskesmas Jogorogo, dr. Ririn Panca W.

Ngawi, SURYA INDONESIA

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 52, Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono memimpin upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Senin(14/11).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono membacakan sambutan tertulis dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F.Moeloek, Sp.M(K). Sambutan tertulis dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F.Moeloek, Sp.M(K) yang dibacakan Bupati Ngawi itu menyatakan bahwa pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu. Didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat. Diperlukan keterlibatan aktif secara terus-menerus dari seluruh komponen, baik pemerintah pusat maupun daerah, sektor non-pemerintah, dan masyarakat.

Dengan demikian, diperlukan sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat agar berperilaku hidup sehat. Dengan tema peringatan HKN ke-52 tahun 2016,  “ Indonesia Cinta Sehat” dengan Sub Tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat’. Yang bermakna secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Sehingga saat ini penting sekali untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, mengajak mereka membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya untuk hidup sehat.

Setelah selesai memimpin upacara, Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono meresmikan Voluntary Counselling and Testing (VCT) di Puskesmas Jogorogo. Diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Dwi Rianto Djatmiko, Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar H. ST., MH., Setda Kabupaten Ngawi, Siswanto, Kepala SKPD terkait dan dari Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Ngawi. Dalam acara peresmian klinik VCT tersebut, terlihat hadir juga, Camat Jogorogo Drs. Supriyadi, M.Si., Kepala Puskesmas Jogorogo, dr. Ririn Panca. W, Kepala Desa se-Kecamatan Jogorogo dan para tamu undangan dari Barisan Kesehatan Kabupaten Ngawi.

Dalam sambutannya, sebelum meresmikan Klinik VCT, Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono mengatakan bahwa, “Sebenarnya, keberadaan klinik VCT ini sangat diharapkan dapat memudahkan penanganan dan pengobatan terhadap warga yang terinfeksi HIV/ AIDS serta dapat membantu mengurangi infeksi HIV,” kata Budi Sulistyono.

Klinik VCT, lanjut Bupati Ngawi, diharuskan mampu memberikan layanan penanggulangan HIV/ AIDS, bukan saja melayani konseling dan tes HIV secara sukarela, tapi juga memberikan pengobatan dan perlindungan bagi penderita ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Budi Sulistyono juga mengharapkan dengan dibukanya layanan ruang operasi dan klinik VCT tersebut, menjadikan pelayanan di Puskesmas Jogorogo  bisa semakin meningkat, karena fasilitas yang dimiliki tidak kalah dengan rumah sakit.

“Saya harapkan pelayanan Puskesmas Jogorogo agar semakin meningkat setelah dibukanya ruang operasi dan klinik VCT, serta Puskesmas lainnya harus bisa bersaing dalam melayani penderita HIV/AIDS” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar