SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 23 September 2017

Bersih Desa Talang Diramaikan Dengan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk


Ket. Photo: (kiri) Kepala Desa Talang menyerahkan tokoh wayang ke Ki Dalang Alex Budi Utomo, (kanan) Ibu-Ibu Kepala Desa se-Kecamatan Jogorogo menyumbangkan sebuah tembang campursari.

Ngawi, SURYA INDONESIA

Bersih Desa merupakan tradisi leluhur yang dilaksanakan setahun sekali di desa-desa yang mengadakannya. Karena tidak semua desa yang masih melaksanakan tradisi leluhur ini. Sebenarnya makna dari bersih desa adalah menumbuhkan rasa kebersamaan, kegotongroyongan, dan guyub rukun diantara warga masyarakatnya dengan Pemerintah Desa di dalam membangun desanya. Bersih Desa juga merupakan wujud ucapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmatNya dan hikmatNya, serta keselamatan dan kelimpahan bagi seluruh warga masyarakat. Dengan harapan ke depannya, agar Allah SWT senantiasa memberikan hidup yang ayem, tentrem, dan gemah ripah loh jinawi serta dijauhkannya dari bencana.

Pemerintah Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi di tahun ini mengadakan tradisi adat Bersih Desa dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk di halaman Kantor Desa Talang, pada hari Senin Malam, (24/10) lalu. Di sela-sela pagelaran wayang kulit tersebut, para kepala desa se-Kecamatan Jogorogo, Camat Jogorogo dan anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan diberikan kesempatan untuk menyumbangkan sebuah tembang ataupun lagu secara bergantian.

Ki Dalang Alex Budi Utomo dalam memainkan tokoh-tokoh wayang terlihat sangat luwes dan terampil, dengan menggerakkan tokoh-tokoh wayangnya seperti hidup. Diselingi canda tawa dan kelucuan dalam bercerita, sehingga sangat menghibur para warga masyarakat dan seluruh tamu undangan yang hadir di sana.

Dalam Pagelaran Wayang Kulit semalaman tersebut, berkesempatan hadir Unsur Muspika Kecamatan Jogorogo, Kepala Desa se-Kecamatan Jogorogo, Ketua BPD Desa Talang beserta anggota, Ketua LPMD Desa Talang beserta anggota, para tokoh masyarakat dan tamu undangan serta seluruh warga masyarakat Desa Talang yang terlihat sangat antusias dan senang memenuhi jalan dan halaman Kantor Desa Talang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Heru Agus Budianto menuturkan bahwa kegiatan Bersih Desa tahun ini, sebelum di gelar wayang kulit semalam suntuk, pada hari sebelum diadakan perlombaan volly dan hiburan musik electone untuk menghibur warga dan memeriahkan tradisi adat bersih desa tersebut.

“Kemarin, sebelum Pagelaran Wayang Kulit ini,  Pemerintah Desa Talang telah mengadakan lomba volly dan juga musik elekton untuk menghibur dan memeriahkan acara tradisi Bersih Desa, beda dengan tahun lalu.”tuturnya. “Semoga dengan terlaksananya Bersih Desa ini, di tahun-tahun mendatang Desa Talang bersama seluruh warganya diberikan kemudahan dalam usahanya, ketentraman dan kemakmuran oleh Allah SWT.”Lanjutnya.

Acara berlangsung dengan sukses dan lancar, terbukit dengan seluruh warga dan tamu yang hadir mengikuti Pagelaran Wayang Kulit tersebut hingga purnanya. Ini tak lepas dikarenakan ada dukungan dari seluruh warga masyarakat Desa Talang dan semua pihak yang terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar