SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 23 September 2017

Diklat Kepemimpinan Dasar BANSER NU Satkorcab XII-32


Ket. Photo : Photo Bersama Narasumber Diklat Banser NU Satkorcab XII-32 Ngawi, angkatan ke 37

Ngawi, SURYA INDONESIA

Pada tanggal 16-18 Desember 2016, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Ngawi mengadakan Diklat Kepemimpinan Dasar pada kader Barisan Ansor di MPC Pesatren ‘Alfallah’ yang diikuti sekitar 36 orang peserta.

Dalam kegiatan Diklat tersebut, peserta dibekali dengan sejarah faham Ahlussunnah wal jamaah (Aswaja), sejarah berdirinya Nadlatul Ulama (NU), tentang Faham Wahabi, Tokoh-Tokoh NU, serta sejarah lahirnya Gerakan Pemuda ANSOR (GP-Ansor) serta pengertian dan struktur organisasi GP-Ansor. Tak ketinggalan juga diajarkan  tentang ke-Banser-an dan Bela Negara. Selain itu, juga dibekali dengan latihan baris berbaris oleh anggota Koramil, Ke-lalulintas-an oleh anggota Polsek/ Satlantas dan olah raga.

Nara sumber dalam diklat tersebut, antara lain: KH Shodiq dan Ngali Marwani menyampaikan materi Aswaja, Munir Wahono dan Bahrul Afifi memberikan materi tentang ke-NU-an, Mustafkhim dan Wangsit menyampaikan tentang ke-organisasi-an, Sutrisno Huda dan H. Amar dengan materi ke-Anshor-an, Joko SW dan Maskun dengan Ke-Banser-annya serta Muridan dan Nur Wahid memberikan materi tentang Bela Negara.

Kegiatan Diklat tersebut dilaksanakan dengan tujuan antara lain, Pertama, membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, kepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal saleh, Kedua, menegakkan ajaran Islam  Ahlussunah Wal Jamaah dengan menempuh manhaj salah satu madzhab empat di dalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ketiga, berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, berkemakmuran, berkemanusiaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridhoi Allah SWT.

 Didalam Diklat Kepemimpinan ada beberapa kegiatan yang menyangkut kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, pembangunan dan bela negara yang teknis pelaksanaannya berpedoman pada program kegiatan Banser. Serta memiliki jenjang pelatihan pendidikan pengkaderan berjenjang kemudian Suspelat/ T.O.T dan dilanjutkan Diklatsus. Peserta Diklat Banser NU setelah selesai mengikuti seluruh kegiatan di Bai’at oleh Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Ngawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar