SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Sabtu, 23 September 2017

Bersih Desa Dawung Dimeriahkan Pagelaran Wayang Kulit


Ket. Photo : Kepala Desa Dawung, Kecamatan Jogorogo, Agus Wawan S., menyerahkan Tokoh Wayang kepada Ki Dalang, Bambang Triyatmoko.

Ket. Photo :  Para Sinden sedang melantunkan tembang-tembang Jawa.

Ngawi, SURYA INDONESIA

Warga masyarakat Desa Dawung, Kecamatan Jogorogo, berbondong-bondong datang ke Kantor Balai Desa Dawung untuk menyaksikan pagelaran Wayang Kulit yang digelar semalam suntuk oleh Kepala Desa Dawung, Agus Wawan S., dalam rangka Bersih Desa Dawung (02/12).

Pagelaran wayang kulit sangat meriah dengan didatangkannya Ki Dalang, Bambang Triyatmoko dari KedungPrahu, Walikukun. Dengan lakon cerita ’Semar Mbangun Khayangan’. Terlihat hadir, Muspika Kecamatan Jogorogo, Kepala Desa se-Kecamatan Jogorogo, Ketua dan anggota BPD Desa Dawung, Ketua dan anggota LPMD Desa Dawung, Tokoh Masyarakat, serta Masyarakat Desa Dawung yang sudah terlebih dahulu memenuhi tempat diadakannya pagelaran wayang kulit tersebut.
Suasana semakin malam semakin ramai, warga masyarakat juga sangat menikmati permainan wayang yang dimaikan oleh dalang dan juga tembang-tembang yang dialunkan merdu mendayu-dayu oleh sinden. Bagaikan menghanyutkan kalbu yang mendengarnya.

Menurut Kepala Desa Dawung, Agus Wawan S., “Acara bersih desa itu adalah adat turun temurun dari leluhur yang diadakan satu tahun sekali. Ini harus dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. Dengan adanya adat bersih desa ini, semoga pemuda sebagai generasi penerus dapat mengerti dan melestarikan adat istiadat para leluhur yang adiluhung ini, agar tidak terus-menerus tergeser oleh budaya modern.

Tidak hanya untuk memeriahkan acara bersih desa ini, Pagelaran wayang kulit juga sebagai ajang bersilaturahmi, dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada masyarakat desa. “Acara bersih desa dan Pagelaran wayang kulit ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, serta kesejahteraan dan kesehatan kepada seluruh warga masyarakat Desa Dawung.” Ujar Kepala Desa Dawung, Agus Wawan S.

“Harapan kedepan semoga adat bersih desa ini dapat dilakukan setiap tahunnya, karena saya senang melihat masyarakat saya sangat antusias dan terhibur dengan adanya adat bersih desa dan pagelaran wayang kulit ini.” pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar