SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Senin, 11 September 2017

Dinas Pariyapura Rutin Gelar Siaran Uyon-Uyon




Ngawi, Surya Indo

Pemerintah Kabupaten Ngawi sangat memperhatikan kesenian dan kearifan kebudayaan  daerahnya, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olah Raga (Pariyapura) Kabupaten Ngawi, mengembangkan kesenian dan kebudayaan dengan cara  mengelola keragaman budaya yang ada di Kabupaten Ngawi, yang mana salah satunya menyelenggarakan siaran uyon-uyon setiap bulan sebanyak 2 kali di Pendopo Pemkab Ngawi, yang dimulai dari jam 20.00 wib s.d 23.00 wib. Disiarkan langsung melalui RKPD (Radio Kabupaten Pemerintah Daerah) Ngawi.

Menurut, Kepala Dinas Pariyapura Kabupaten Ngawi, Drs. Anwar Rifa’i, MM., ”Kegiatan ini (siaran uyon-uyon, Red.) bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta dari masyarakat Ngawi, khususnya generasi muda akan  kebudayaan lokal yang dimiliki Kabupaten Ngawi, sehingga akan muncul bibit-bibit unggul dari generasi muda yang mencintai seni budaya daerahnya.”

Lanjutnya, “Dari situlah kesenian dan kebudayaan daerah Ngawi akan tetap langgeng dan lestari. Kegiatan ini dipersiapkan untuk menyongsong ‘Visit Ngawi Year 2017’ nanti dan yang mengisi acara siaran uyon-uyon ini adalah Kepala Sekolah dan Guru-Guru yang dikoordinasi melalui UPT Pendidikan yang ada di 19 Kecamatan se-Kabupaten Ngawi secara bergilir setiap dua minggu sekali.”

“Mengapa yang mengisi acara uyon-uyon adalah guru-guru SD? Karena, dari seorang guru yang mencintai seni budaya akan mudah mendidik dan menularkan ilmunya pada murid-muridnya. Mengajar/ mendidik anak-anak sekolah merupakan seni tersendiri, supaya anak-anak didiknya cepat mengerti dan memahami apa yang diajarkan oleh gurunya. Budaya yang memiliki unsur kata Budi dan Daya, dimana daya upaya/ usaha/ kekuatan dari budi pekerti / akal pikiran ini akan membuahkan sesuatu yang baik dan berguna bagi diri sendiri dan masyarakat,”jelas Drs. Anwar Rifa’i, MM.

Untuk diketahui, di Kabupaten Ngawi ini, memiliki banyak pengrawit, sinden bahkan dalang cilik yang sangat berbakat. Yang nantinya tanggal 9 April 2016 menggelar Wayang Kulit Spektakuler dengan 60 dalang cilik di 8 titik secara bersamaan, dimulai dari pagi sampai malam hari.

Masih menurut Kepala Dinas Pariyapura Kabupaten Ngawi, Anwar Rifa’i,”Dengan menggelar acara spektakuler tersebut, harapan ke depan bisa  mengangkat nama baik Kabupaten Ngawi, supaya semakin dikenal oleh masyarakat luas, dalam negeri maupun luar negeri, sehingga dapat menarik minat wisatawan asing dan wisatawan domestik untuk datang ke Kabupaten Ngawi yang memiliki banyak tujuan wisata yang luar biasa.”

“Dari banyaknya kedatangan turis asing maupun turis domestik ini, tentunya akan mempengaruhi keadaan perekonomian masyarakat Ngawi yang semakin meningkat,”pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar