SELAMAT DATANG DI WWW.NGAWI-DATABERITA.BLOGSPOT.CO.ID*-KUMPULAN BERITAKU-*

Senin, 11 September 2017

Bupati Ngawi Hadiri Simulasi Kampung Siaga Bencana Di Desa Sumengko




Ngawi, SURYA INDO

Ratusan warga, Tagana, relawan dan aparat pemerintah terlibat langsung dalam kegiatan Simulasi Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Sumengko, Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Kamis (17/03). Turut hadir dalam acara ini Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sunarto, S.Sos, Kepala Kesbangpol dan Plt Satpol PP, Rahmad Didik Darmawan, Kepala Bagian Humas Pemkab Ngawi, Prasetyo Hari Adi, dan Muspika Kecamatan Kwadungan.

Kegiatan kampung siaga bencana ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. Caranya, melalui penyelenggaraan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat.

Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono dalam memimpin upacara  Kegiatan Kampung Siaga Bencana mengatakan, “Saya menguncapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur atas perhatiannya terhadap Kabupaten Ngawi dengan dibentuknya kegiatan kampung siaga bencana ini. Selain itu, saya juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah mengalokasikan  1 unit dapur umum lapangan (Dumlap) dan 1 unit sepeda motor trail untuk mendukung kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Ngawi dalam membantu masyarkat terutama dalam penanganan bencana, karena  permasalahan bencana tidak bisa kita prediksi kapan datangnya.”

Lanjutnya, “Ketika menghadapi kondisi darurat bencana, sudah ada persiapan. Sehingga masyarakat yang ada di desa maupun kecamatan yang rawan bencana, mengikuti pelatihan dan simulasi menghadapi bencana,” katanya
Bupati berharap, dengan adanya kegiatan kampung siaga bencana ini, bisa berdampak signifikan terhadap berkurangnya resiko bencana, dapat mengantisipasi dan memberikan penanganan yang cepat apabila terjadi bencana serta dapat membentuk sikap mental, prilaku yang tangguh dan siap siaga bilamana terjadi bencana.

“Kampung Siaga Bencana di Desa Sumengko ini diharapkan bisa membeck-up daerah lain yang ada di Kabupaten Ngawi apabila terjadi bencana,” kata Mbah Kung (sapaan akrab Bupati Ngawi). Sebelum mengakhiri sambutannya Ir. H. Budi Sulistyono menyampaikan bahwa bantuan yang berupa mobil Dumlap dan sepeda motor trail hendaknya dipergunakan sebagaimana mestinya dan semaksimal mungkin dalam membantu penanganan bencana.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ngawi, Sunarto, S.Sos mengatakan, “Kegiatan kampung siaga bencana ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan terhadap masyarakat untuk bisa mendeteksi sedini mungkin potensi terjadinya bencana. Menaknisme dalam mengantisipasi dan penanganan bencana itu bisa terbangun,” kata Sunarto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar